Informan dan Instrumen

Dalam penelitian dialek, informan merupakan hal penting yang perlu dipilih dan ditentukan sesuai dengan tujuan penelitian. Sebelum menentukan informan, peneliti dialek lebih dahulu menentukan titik pengamatan di dalam daerah yang akan diteliti dialeknya. Penentuan titik pengamatan ini didasarkan pada gejala-gejala dialectal maupun gejala-gejala sosial yang mengarah pada kemenarikan dan keunikan dialek yang akan diteliti.

Informan Penelitian

Informan penelitian adalah orang yang memberikan informasi data dialek bahasa yang diteliti. Informan juga disebut pembahan oleh Ayatrohaedi (1979). Dalam memilih informan, peneliti dapat menggunakan kriteria yang dikemukakan oleh Nothofer (1991:5) dan Fernandez (1992:2).

Dalam penelitian dialek geografi, informan dipilih dengan kriteria:

  1. Berjenis kelamin laki-laki atau perempuan,
  2. Berusia  30 s.d.  60 tahun,
  3. Lahir dan besar di desa setempat,
  4. Dapat berbahasa Jawa,
  5. Dapat berbahasa Indonesia, dan
  6. Sehat rohani dan jasmani dalam arti alat bicaranya sempurna.

Kriteria tersebut terutama digunakan dalam penelitian dialek geografi. Setiap titik pengamatan dipilih tiga informan, satu informan utama dan dua orang informan pendamping. Dalam penelitian dialek sosial, criteria tersebut belum menjangkau variabel sosial. Oleh karena itu, informan dalam dialek sosial dipilih berdasarkan criteria yang berkaitan dengan variabel yang diagkat dalam penelitian itu, seperti variabel jenis pekerjaan (pegawai dan non pegawai), variabel tingkat pendidikan (tinggi dan rendah), variabel usia (tua dan muda), dan sebagainya.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, criteria yang telah ditetapkan tersebut dimungkinkan tidak dapat diterapkan secara keseluruhan, karena kondisi masing-masing titik pengamatan berbeda, seperti tingkat pendidikannya, usianya, pekerjaannya, dan sebagainya. Oleh karena itu, peneliti perlu menentukan informan yang mendekati criteria yang ideal.

 

Instrumen

Penelitian dialek memerlukan instrumen yang digunakan dalam pengambilan data, terutama data primer. Instrument penelitian ini disusun bersama dengan penyusunan proposal. Instrumen ini kemudian diujicobakan dengan cara melakukan observasi awal atau prasurvei. Berdasarkan observasi awal itu, peneliti dapat merevisi instrumen penelitian sehingga pengamatannya terhadap suatu objek penelitian tepat mengenai sasaran.

Alat yang dipandang utama dalam penelitian dialek geografi dan dialek sosial adalah daftar pertanyaan kebahasaan dan wawancara. Daftar pertanyaan itu sebagai pedoman wawancara dalam menggali data yang diperlukan di lapangan yaitu data kebahasaan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Daftar kata yang diajukan kepada informan itu didasarkan pada daftar 200 kosa kata dasar Swadesh. Daftar pertanyaan itu dapat dikembangkan menjadi 450 pertanyaan atau lebih banyak lagi yang tersebar dalam medan makna (1) bagian-bagian tubuh manusia, (2) kata ganti, sapaan, dan acuan, (3) sistem kekerabatan, (4) rumah dan bagian-bagiannya, (5), waktu, musim, keadaan alam, benda alam, arah, dan warna, (6) pakaian dan perhiasan, (7) jabatan, peerintahan desa, dan pekerjaan, (8) binatang, (9) tumbuhan, buah, dan hasil olahannya, (10) aktivitas, (11) penyakit, dan (12) bilangan dan ukuran (lihat Fernandez, 1993/1994:52; Tawangsih Lauder dalam Mahsun, 1995:110). Medan makna yang dialeknya diteliti adalah medan makna yang budaya yang cenderung mengalami inovasi atau pembaharuan dalam kurun waktu yang relative lama. Tujuan digunakannya daftar pertanyaan itu adalah untk mendapatkan data konkrit yang lengkap dengan pencatatan dan perekaman.

DAFTAR PUSTAKA

Zulaeha, Ida.2010.Dialektologi Dialek Geografi dan Dialek Sosial.Graha Ilmu:Yogyakarta

This entry was posted in linguistik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s