pola hidup sehat

Hidup sehat, merupakan dambaan setiap orang. Sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, manusia memerlukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat  hidup lebih lama dengan sehat. Berbicara tentang pola hidup sehat tidak terbatas hanya pada sumber makanan sehat saja, namun masih banyak hal lain yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh kita agar senantiasa sehat, antara lain:

  1. Menghindari atau Berhenti dari Kebiasaan Buruk

Agar tubuh kita selalu sehat kita harus mulai dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kebiasaan buruk yang bagi sebagian orang merupakan suatu kegiatan yang keren dan gaul seperti merokok, mengonsumsi alkohol, kafein dan juga menggunakan obat-obatan terlarang merupakan beberapa kebiasaan yang perlu dihindari, namun jika sudah terlanjur melakukannya marilah mulai sekarang menghentikan kebiasaan tersebut karena kebiasaan tersebut sangat tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Sesuai Aturan

Seringali kita menilai makanan dari enak atau tidaknya makanam tersebut padahal makanan yang enak belum tentu sehat bagi tubuh kita. Tubuh kita memerlukan makanan yang sehat dan bergizi sebagai sumber energi. Untuk mendapatkan makanan yang bergizi, tidak berarti kita harus mengonsumsi makanan yang mahal. Makanan yang diperoleh dengan harga terjangkau pun dapat dikategorikan makanan yang sehat asalkan makanan tersebut berasal dari tumbuhan segar dan sedikit menggunakan bahan kimia.

Kita perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, aktivitas serta usia kita. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan empat sehat lima sempurna. Kita perlu makan dengan asupan gizi seimbang karena apa yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di masa yang akan datang.

  1. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri dan Lingkingan Sekitar Kita

Kebersihan sangatlah penting dalam menjaga kesehatan. Kebersihan harus kita mulai dari diri kita sendiri. Kerapian dan kebersihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dan lain-lain dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kebersihan dapat kita mulai dari hal-hal kecil dalam diri kita seperti mencuci tangan sebelum makan.

Selain diri sendiri yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita karena lingkungan dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan-selokan secara berkala misalnya satu minggu sekali.

  1. Istirahat yang Cukup dan Berolahraga Secara Teratur

Terlalu sibuk dengan aktivitas yang padat membuat kita terkadang menjadi lupa akan pentingnya istirahat yang cukup serta olahraga secara teratur. Tidur yang cukup juga merupakan alternatif untuk menciptakan pola hidup sehat, karena pada saat tidur otak dan otot yang selama bekerja selalu tegang jadi dapat relaksasi dan beristirahat. Namun tidur juga tidak boleh terlalu berlebihan karena tidur yang terlalu lama membuat kita menjadi malas, disamping itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Selain istirahat yang teratur, olahraga secara rutin juga penting untuk memacu jantung, pernafasan, dan peredaran darah menjadi lebih baik. Olahraga yang rutin juga bisa membantu untuk menurunkan lemak dan kolestrol sehingga timbunan lemak yang memicu timbulnya penyakit dapat dihindari. Kita dapat memilih olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam, fitness, jogging, bersepeda atau yang lain.

  1. Senantiasa Berfikir Positif

Salah satu kebiasaan sehat dalam menjalani kehidupan ini adalah dengan  berfikir positif karena dengan berfikir positif kita dapat memandang kehidupan ini dengan lebih optimis. Dengan senantiasa berfikir positif dapat memengaruhi kondisi kejiwaan kita yang pada akhirnya akan dapat membebaskan kita dari beban pikiran yang kita alami sehingga kita mampu menghindarkan diri dari penyakit yang biasanya disebabkan oleh munculnya beban pikiran, stress, dan kecemasan dalam kehidupan.

Saat pikiran kita berada pada posisi rileks dan selalu berfikir positif, hal-hal baik akan selalu datang dalam kehidupan ini. Tidak akan ada perasaan cemas, marah, dan penyakit hati lainnya sehingga menjadikan kita lebih optimis dalam menjalani kehidupan ini. Orang yang memiliki beban pikiran yang berat kemungkinan akan mengalami penyakit tekanan darah tinggi yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang lebih rileks.

Hidup lebih terarah, nyaman, dan bahagia tentunya akan dirasakan jika manusia sehat secara lahir dan batin. kesehatan jasmani menjadikan manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai usia harapan hidup lebih tinggi. Sementara kesehatan batin akan menjadikan manusia lebih optimis dalam menatap masa depan. Semua hal tersebut dapat terwujud jika kita mau mengaplikasikan pola hidup sehat.

This entry was posted in tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s